RPS Materi PAI
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) FAKULTAS
AGAMA ISLAM PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS) |
|||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
Rumpun MK |
Bobot (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
||||||
Materi PAI MA/MTs |
B.01. |
MKK |
2 |
1 |
14 Februari 2022 |
||||||
OTORITAS |
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator Rumpun
MK |
Ka.Prodi |
||||||||
|
|
|
|||||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI |
|
|||||||||
|
|
Mampu
menjadi pengajar pendidikan agama islam yang berjiwa pondok pesantren, mampu
menjadi penajar pendidikan agama islam yang selalu berpegang teguh pada
Al-Qur’an dan Sunnah Rasul SAW |
|||||||||
CP-MK |
|
||||||||||
|
Mahasisawa Mampu melakukan telaah kritis dan detal
tentang konsep kurikulum PAI di Madrasah yang terdiri dari tujuan, materi
metode dan evaluasi, memahami konsep-konsep dasar tentang materi PAI Madrasah
MA/MTs |
||||||||||
|
|||||||||||
Deskripsi Singkat MK |
Materi kuliah pendidikan Agama Islam merupakan mata
kuliah keahlian khusus yang wajib bagi mahasiswa prodi PAI yang membahas
tentang hakikat pendidikan Agama Islam, ruang lingkup pendidikan agama islam
serta struktur materi pembelajaran PAI di madrasah baik MA/MTs |
||||||||||
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan |
1.
Ruang lingkup MK
materi di madrasah 2.
Kurikulum PAI pada
kurkulum KTSP Dan K-13 3.
Karakteristik
kurikulum materi PAI di Madarsah 4.
Sandar kompetensi
lulusan (SKL) dan standar isi, materi PAI Dimadarsah MA/MTs 5.
Karakteristik
pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13 6.
Penilaian
pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13 7.
Penyusunan soal
berbasis HOTS pada materi PAI di madarasah 8.
Problematika
pembelajaran materi PAI di Madarasah Aliyah 9.
Problematika
pembelajaran materi PAI di Madarasah Tsanawiyah 10. Penyusunan silabus dan RPP 11. Telaah Analisis materi PAI di Madrasah Aliyah 12. Telaah Analisis materi PAI di Madrasah Tsanawiyah 13. Ragam Keterampilan mengajar materi PAI MA/MTs 14. Simulasi Pembelajaran materi PAI MA/MTs 15. Presentasi video pembelajaran PAI (sekolah dan youtube) |
||||||||||
Pustaka |
1.
Model
Kurikulum Madrasah Aliyah (Standar Kompetensi), Jakarta: Depag RI, 2005. 2.
Pedoman
Umum Pengembangan Silabus Madrasah Aliyah Jakarta, Depag RI, 2004. 3.
Pedoman
khusus Pengembangan Silabus dan sistem Penilaian Aqidah Akhlak Madrasah
Aliyah, Jakarta: Depag RI, 2004. 4.
Keputusan
Menteri Agama No. 165 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah 5.
Masitoh
dan Laksmi Dewi, dkk, Strategi Pembelajaran (Modul Program Kualifikasi 6.
Guru
Madrasah dan Guru PAI pada Sekolah), Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan
Islam, Depag RI, 2009 7.
Melvin
L. Silberman, Active learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa
Media, 2004 8.
Ronald
Anderson, Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran, Jakarta:
Rajawali Press, 1987 9.
Anita
Lie, Cooperativ Learning: Mempraktekkan Kooperatif Learning di Ruang- Ruang
Kelas, Jakarta: Gramedia, 2008 10. Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Agama Islam di Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 2007 |
||||||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat lunak
(software) |
Perangkat keras (hardware) |
|||||||||
Power Point |
Laktop dan LCD Proyektor sert perangkat lainnya
sebagaipendukung |
||||||||||
Team Teaching: |
- |
- |
|||||||||
Mata Kuliah Prasyarat |
- |
- |
|||||||||
|
|||||||||||
Mg Ke |
Sub-CPMK (sebagai
kemampuan akhir yang diharapkan) (1) |
Indikator (2) |
Kriteria
& Bentuk Perilaku (3) |
Metode Pembelajaran (4) |
Materi Pembelajaran (5) |
Bobot Penilaian (%) |
|||||
1 |
Mahasiswa Mampu memahami ruang
lingkup MK materi dimadarsah |
1. Pengertian Pendidikan Agama Islam 2. Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam Di MA 3. Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam Di MTs |
§Kerja sama §Berfikir kritis §Kreatif §Komunikasi §Berargumentasi |
o Metoda : cooperative learning o Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Ruang lingkup MK materi di madrasah |
5 % |
|||||
2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Kurikulum PAI pada
kurkulum KTSP Dan K-13 |
1. Menjelaskan pengertian kurikulum 2. Menjelaskan pengertian kurikulum
KTSP dan K-13 3. Mampu memahami
perbedaan kurikulum KTSP dan K-13 |
§ Kerja sama § Berfikir kritis § Kreatif § Komunikasi § Berargumentasi |
o Metoda : cooperative learning o Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Kurikulum PAI pada
kurkulum KTSP Dan K-13 |
5 % |
|||||
3 |
Mahasiswa mampu memahami
Karakteristik kurikulum materi PAI di Madarsah |
1.
Bagaimana Karakteristik pembelajaran PAI 2.
Apa saja problema pembelajaran PAI di Madrasah |
§ Ketrampilan sesuai peran § Jati diri dan Percaya
diri § Sikap kerja keras § Pengalaman Pengendalian diri |
o Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD,
whiteboard |
Karakteristik kurikulum
materi PAI di Madarsah |
5 % |
|||||
4 |
Mampu menjelaskan Sandar
kompetensi lulusan (SKL) dan standar isi, materi PAI Dimadarsah MA/MTs |
1.
Apakah Standar kompetensi Lulusan sudah sesuai
dengan kurikulum yang diharapkan dalam
rangka meningkatkan mutu PAI madarsah 2.
Bagaimana cara yang tepat dalam penerapan dan
pengembangan standar isi kurikulum PAI Di Madrasah |
§
Berfikir kritis §
Kreatif §
Responsif §
Bertanggung jawab §
Berfikir sistimatis Etika §
Komunikasi |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Sandar kompetensi
lulusan (SKL) dan standar isi, materi PAI Dimadarsah MA/MTs |
5 % |
|||||
5 |
Memiliki kemampuan
Karakteristik pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13 |
1.
Mengetahui pengertian dari Kurikulum 2013 2.
Mengetahui tujuan dari kurikulum 2013 3.
Mengetahui karakteristik kurikulum 2013 pada MTs/SMP dan
MA/SMA |
§
Kerjasama §
Berfikir kritis §
Percaya diri §
Interaksi ICT §
Akseleratif dan Inovatif §
Etika §
Komunikasi |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Karakteristik
pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13 |
5 % |
|||||
6 |
Mampu memahami Penilaian
pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13 |
1.
Pengertian penilaian pembelajaran 2.
Objek penilaian hasil belajar 3.
Tekhnik dan instrumen penilaian hasil belajar berdasarkan
kurikulum K-13 |
§
Kerjasama §
Berfikir kritis §
Percaya diri §
Interaksi ICT §
Akseleratif dan Inovatif §
Etika §
Komunikasi |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Penilaian pembelajaran
materi PAI di madarash pada kurikulum K-13 |
5 % |
|||||
7 |
Penyusunan soal
berbasis HOTS pada materi PAI di madarasah |
1.
Pengertian dari penilaian berbasis HOTS dalam
pembelajaran PAI di Madrasah 2.
Apa saja penilaian dalam pembelajaran HOTS di Madrasah 3.
Bagaimana penginplemetasian HOTS KURIKULUM 2013 bagi guru
Madrasah |
§
Pengambilan keputusan §
Inovator §
Leadership §
Manajemen waktu, konflik §
kerjasama |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Penyusunan soal
berbasis HOTS pada materi PAI di madarasah |
|
|||||
8 |
Ujian Tengah Semester
(UAS) Genap |
||||||||||
9 |
Mampu memahami Problematika
pembelajaran materi PAI di Madarasah Aliyah |
1. Tujuan dan fungsi Pendidikan Agama Islam
(PAI) di MA 2. Faktor-faktor permasalahan dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA 3. Cara mengatasi dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA |
§ Analisis § Percaya diri § Berfikir kritis § Sensitif / kepekaan § Pengalaman § Etika § Komunikasi |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Problematika pembelajaran materi PAI
di Madarasah Aliyah |
5 % |
|||||
10 |
Mampu memahami Problematika
pembelajaran materi PAI di Madarasah Tsanawiyah |
1. Tujuan dan fungsi Pendidikan Agama Islam
(PAI) di MTs 2. Faktor-faktor permasalahan dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs 3. Cara mengatasi dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) di MTs |
§ Analisis § Percaya diri § Berfikir kritis § Sensitif / kepekaan § Pengalaman § Etika § Komunikasi |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Problematika pembelajaran materi PAI
di Madarasah Tsanawiyah |
5 % |
|||||
11 |
Mampu Memahami Telaah Analisis materi
PAI di Madrasah Aliyah |
1. Bagaimana deskripsi kurikulum Materi PAI
MA 2. Bagaimana analisis komprehensip dari materi
PAI di MA 3. Bagaimana analisis S.W.O.T (Strenght,
Weakness, Opportunity, Threat) dari materi PAI di MA |
§ Pengambilan keputusan § Inovator § Leadership § Manajemen waktu,konflik § Kerjasama |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Telaah Analisis materi PAI di
Madrasah Aliyah |
5 % |
|||||
12 |
Mampu Memahami Telaah Analisis materi
PAI di Madrasah Aliyah |
1. Bagaimana deskripsi kurikulum Materi PAI
MTs 2. Bagaimana analisis komprehensip dari
materi PAI di MTs 3. Bagaimana analisis S.W.O.T (Strenght, Weakness,
Opportunity, Threat) dari materi PAI di MTs |
§ Kreatifitas § Inisiatif § Bertanggung jawab § Berfikir komprehensif § Kepemimpinan § Komunikatif |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Telaah Analisis materi PAI di
Madrasah Tsanawiyah |
5 % |
|||||
13 |
Mengenal Qira’at dalam Al-Quran |
1. Mengetahui keterampilan mengajar guru PAI
di Madrasah 2. Mengetahui faktor pendukung keterampilan
mengajar guru PAI di Madrasah 3. Mengetahui faktor penghambat keterampilan
mengajar guru PAI dimadrasah |
§ Kreatifitas § Inisiatif § Bertanggung jawab § Berfikir komprehensif § Kepemimpinan § Komunikatif |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Ragam Keterampilan mengajar materi
PAI MA/MTs |
5 % |
|||||
14 |
Mampu mempraktikan Simulasi
Pembelajaran materi PAI MA/MTs |
1. Pengertian, tujuan, bentuk, langkah
Simulasi pembelajaran PAI di Madrasah 2. Kelebihan dan Kekurangan Metode Simulasi
pembelajaran PAI di Madrasah 3. Pengembangan Simulasi dalam Pendidikan
Agama Islam di Madarasah 4. Aplikasi Simulasi pembelajaran PAI di
Madrasah |
§ Mengidentifikasi dan § Analisis § Belajar mandiri § Kerjasama § Keberanian membua § Keputusan § Berfikir kritis, § Bertanggung |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Simulasi Pembelajaran materi PAI
MA/MTs |
5 % |
|||||
15 |
Mampu mempraktikan Simulasi
Pembelajaran materi PAI MA/MTs di
sekolah dan Youtobe |
1. Pengertian, tujuan, bentuk, langkah
presentasi video pembelajaran di madrasah dan youtobe 2. Kelebihan dan Kekurangan langkah
presentasi video pembelajaran di madrasah dan youtobe 3. Pengembangan langkah presentasi video
pembelajaran di madrasah dan youtobe 4. Mampu mempraktikan presentasi video
pembelajaran di madrasah dan youtobe |
§ Kreatifitas § Inisiatif § Bertanggung jawab § Berfikir komprehensif § Kepemimpinan § Komunikatif |
o
Metoda : cooperative learning o
Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Presentasi video pembelajaran PAI (sekolah
dan youtube) |
5 % |
|||||
16 |
Mampu melakukan Evaluasi Pembelajaran
Materi PAI Di Madarash |
1. Pengertian Evaluasi Pembelajaran PAI 2. Tujuan Evaluasi Pembelajaran PAI 3. Fungsi Evaluasi Pembelajaran PAI 4. Prinsip Evaluasi Pembelajaran PAI Macam Evaluasi
Pembelajaran PA |
§ Kreatifitas § Inisiatif § Bertanggung jawab § Berfikir komprehensif § Kepemimpinan Komunikatif |
o
Metoda : cooperative learning Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard |
Evaluasi Pembelajaran Materi PAI Di
Madarash |
5 % |
|||||
17 |
Ujian
Akhir Semester (UAS) Genap |
||||||||||
Komentar
Posting Komentar