RPS Materi PAI

 

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

FAKULTAS AGAMA ISLAM

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

RENCANA PEMBELAJARAN

SEMESTER (RPS)

MATA KULIAH

KODE

Rumpun MK

Bobot (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Materi PAI MA/MTs

B.01.

MKK

2

1

14 Februari 2022

OTORITAS

Dosen Pengembang RPS

Koordinator Rumpun MK

Ka.Prodi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI

 

 

 

Mampu menjadi pengajar pendidikan agama islam yang berjiwa pondok pesantren, mampu menjadi penajar pendidikan agama islam yang selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasul SAW

CP-MK

 

 

Mahasisawa Mampu melakukan telaah kritis dan detal tentang konsep kurikulum PAI di Madrasah yang terdiri dari tujuan, materi metode dan evaluasi, memahami konsep-konsep dasar tentang materi PAI Madrasah MA/MTs

 

Deskripsi Singkat  MK

Materi kuliah pendidikan Agama Islam merupakan mata kuliah keahlian khusus yang wajib bagi mahasiswa prodi PAI yang membahas tentang hakikat pendidikan Agama Islam, ruang lingkup pendidikan agama islam serta struktur materi pembelajaran PAI di madrasah baik MA/MTs

Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan

1.    Ruang lingkup MK materi di madrasah

2.    Kurikulum PAI pada kurkulum KTSP Dan K-13

3.    Karakteristik kurikulum materi PAI di Madarsah

4.    Sandar kompetensi lulusan (SKL) dan standar isi, materi PAI Dimadarsah MA/MTs

5.    Karakteristik pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13

6.    Penilaian pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13

7.    Penyusunan soal berbasis HOTS pada materi PAI di madarasah

8.    Problematika pembelajaran materi PAI di Madarasah Aliyah

9.    Problematika pembelajaran materi PAI di Madarasah Tsanawiyah

10. Penyusunan silabus dan RPP

11. Telaah Analisis materi PAI di Madrasah Aliyah

12. Telaah Analisis materi PAI di Madrasah Tsanawiyah

13. Ragam Keterampilan mengajar materi PAI MA/MTs

14. Simulasi Pembelajaran materi PAI MA/MTs

15. Presentasi video pembelajaran PAI (sekolah dan youtube)

Pustaka

1.      Model Kurikulum Madrasah Aliyah (Standar Kompetensi), Jakarta: Depag RI, 2005.

2.      Pedoman Umum Pengembangan Silabus Madrasah Aliyah Jakarta, Depag RI, 2004.

3.      Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan sistem Penilaian Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah, Jakarta: Depag RI, 2004.

4.      Keputusan Menteri Agama No. 165 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah

5.      Masitoh dan Laksmi Dewi, dkk, Strategi Pembelajaran (Modul Program Kualifikasi

6.      Guru Madrasah dan Guru PAI pada Sekolah), Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Depag RI, 2009

7.      Melvin L. Silberman, Active learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa Media, 2004

8.      Ronald Anderson, Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 1987

9.      Anita Lie, Cooperativ Learning: Mempraktekkan Kooperatif Learning di Ruang- Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia, 2008

10.  Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

Media Pembelajaran

Perangkat lunak (software)

Perangkat keras (hardware)

Power Point

Laktop dan LCD Proyektor sert perangkat lainnya sebagaipendukung

Team Teaching:

-

-

Mata Kuliah Prasyarat

-

-

 

Mg

Ke

Sub-CPMK

(sebagai kemampuan akhir yang diharapkan)

(1)

 

Indikator

(2)

Kriteria & Bentuk Perilaku

(3)

Metode Pembelajaran

(4)

Materi Pembelajaran

(5)

Bobot Penilaian (%)

1

Mahasiswa Mampu memahami ruang lingkup MK materi dimadarsah

1.    Pengertian Pendidikan Agama Islam

2.    Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam Di MA

3.    Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam Di MTs

§Kerja sama

§Berfikir kritis

§Kreatif

§Komunikasi

§Berargumentasi

o   Metoda : cooperative learning

o   Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Ruang lingkup MK materi di madrasah

5 %

2

Mahasiswa mampu menjelaskan Kurikulum PAI pada kurkulum KTSP Dan K-13

1.    Menjelaskan pengertian kurikulum

2.    Menjelaskan pengertian kurikulum KTSP dan K-13

3.    Mampu memahami perbedaan kurikulum KTSP dan K-13

§  Kerja sama

§  Berfikir kritis

§  Kreatif

§  Komunikasi

§  Berargumentasi

o   Metoda : cooperative learning

o   Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Kurikulum PAI pada kurkulum KTSP Dan K-13

5 %

3

Mahasiswa mampu memahami Karakteristik kurikulum materi PAI di Madarsah

1.      Bagaimana Karakteristik pembelajaran PAI

2.      Apa saja problema pembelajaran PAI di Madrasah

§  Ketrampilan sesuai peran

§  Jati diri dan Percaya diri

§  Sikap kerja keras

§  Pengalaman Pengendalian diri

o   Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Karakteristik kurikulum materi PAI di Madarsah

5 %

4

Mampu menjelaskan Sandar kompetensi lulusan (SKL) dan standar isi, materi PAI Dimadarsah MA/MTs

1.      Apakah Standar kompetensi Lulusan sudah sesuai dengan  kurikulum yang diharapkan dalam rangka meningkatkan mutu  PAI madarsah

2.      Bagaimana cara yang tepat dalam penerapan dan pengembangan standar isi kurikulum PAI Di Madrasah

§   Berfikir kritis

§   Kreatif

§   Responsif

§   Bertanggung jawab

§   Berfikir sistimatis Etika

§   Komunikasi

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Sandar kompetensi lulusan (SKL) dan standar isi, materi PAI Dimadarsah MA/MTs

5 %

5

Memiliki kemampuan Karakteristik pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13

1.      Mengetahui pengertian dari Kurikulum 2013

2.      Mengetahui tujuan dari kurikulum 2013

3.      Mengetahui karakteristik kurikulum 2013 pada MTs/SMP dan MA/SMA

§   Kerjasama

§   Berfikir kritis

§   Percaya diri

§   Interaksi ICT

§   Akseleratif dan Inovatif

§   Etika

§   Komunikasi

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Karakteristik pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13

5 %

6

Mampu memahami Penilaian pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13

1.      Pengertian penilaian pembelajaran

2.      Objek penilaian hasil belajar

3.      Tekhnik dan instrumen penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum K-13

§   Kerjasama

§   Berfikir kritis

§   Percaya diri

§   Interaksi ICT

§   Akseleratif dan Inovatif

§   Etika

§   Komunikasi

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Penilaian pembelajaran materi PAI di madarash pada kurikulum K-13

5 %

7

Penyusunan soal berbasis HOTS pada materi PAI di madarasah

1.      Pengertian dari penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran PAI di Madrasah

2.      Apa saja penilaian dalam pembelajaran HOTS di Madrasah

3.      Bagaimana penginplemetasian HOTS KURIKULUM 2013 bagi guru Madrasah

§   Pengambilan keputusan

§   Inovator

§   Leadership

§   Manajemen waktu, konflik

§   kerjasama

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Penyusunan soal berbasis HOTS pada materi PAI di madarasah

 

8

Ujian Tengah Semester (UAS) Genap

9

Mampu memahami Problematika pembelajaran materi PAI di Madarasah Aliyah

1.    Tujuan dan fungsi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA

2.    Faktor-faktor permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA

3.    Cara mengatasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA

§  Analisis

§  Percaya diri

§  Berfikir kritis

§  Sensitif / kepekaan

§  Pengalaman

§  Etika

§  Komunikasi

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Problematika pembelajaran materi PAI di Madarasah Aliyah

5 %

10

Mampu memahami Problematika pembelajaran materi PAI di Madarasah Tsanawiyah

1.    Tujuan dan fungsi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs

2.    Faktor-faktor permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs

3.    Cara mengatasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs

§  Analisis

§  Percaya diri

§  Berfikir kritis

§  Sensitif / kepekaan

§  Pengalaman

§  Etika

§  Komunikasi

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Problematika pembelajaran materi PAI di Madarasah Tsanawiyah

5 %

11

Mampu Memahami Telaah Analisis materi PAI di Madrasah Aliyah

1.    Bagaimana deskripsi kurikulum Materi PAI MA

2.    Bagaimana analisis komprehensip dari materi PAI di MA

3.    Bagaimana analisis S.W.O.T (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) dari materi PAI di MA

§  Pengambilan keputusan

§  Inovator

§  Leadership

§  Manajemen waktu,konflik

§  Kerjasama

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Telaah Analisis materi PAI di Madrasah Aliyah

5 %

12

Mampu Memahami Telaah Analisis materi PAI di Madrasah Aliyah

1.    Bagaimana deskripsi kurikulum Materi PAI MTs

2.    Bagaimana analisis komprehensip dari materi PAI di MTs

3.    Bagaimana analisis S.W.O.T (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) dari materi PAI di MTs

§  Kreatifitas

§  Inisiatif

§  Bertanggung jawab

§  Berfikir komprehensif

§  Kepemimpinan

§  Komunikatif

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Telaah Analisis materi PAI di Madrasah Tsanawiyah

5 %

13

Mengenal Qira’at

dalam Al-Quran

1.    Mengetahui keterampilan mengajar guru PAI di Madrasah

2.    Mengetahui faktor pendukung keterampilan mengajar guru PAI di Madrasah

3.    Mengetahui faktor penghambat keterampilan mengajar guru PAI dimadrasah

§  Kreatifitas

§  Inisiatif

§  Bertanggung jawab

§  Berfikir komprehensif

§  Kepemimpinan

§  Komunikatif

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Ragam Keterampilan mengajar materi PAI MA/MTs

5 %

14

Mampu mempraktikan Simulasi Pembelajaran materi PAI MA/MTs

1.    Pengertian, tujuan, bentuk, langkah Simulasi pembelajaran PAI di Madrasah

2.    Kelebihan dan Kekurangan Metode Simulasi pembelajaran PAI di Madrasah

3.    Pengembangan Simulasi dalam Pendidikan Agama Islam di Madarasah

4.    Aplikasi Simulasi pembelajaran PAI di Madrasah

 

§  Mengidentifikasi dan

§  Analisis

§  Belajar mandiri

§  Kerjasama

§  Keberanian membua

§  Keputusan

§  Berfikir kritis,

§  Bertanggung

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Simulasi Pembelajaran materi PAI MA/MTs

5 %

15

Mampu mempraktikan Simulasi Pembelajaran materi PAI MA/MTs  di sekolah dan Youtobe

1.    Pengertian, tujuan, bentuk, langkah presentasi video pembelajaran di madrasah dan youtobe

2.    Kelebihan dan Kekurangan langkah presentasi video pembelajaran di madrasah dan youtobe

3.    Pengembangan langkah presentasi video pembelajaran di madrasah dan youtobe

4.    Mampu mempraktikan presentasi video pembelajaran di madrasah dan youtobe

§  Kreatifitas

§  Inisiatif

§  Bertanggung jawab

§  Berfikir komprehensif

§  Kepemimpinan

§  Komunikatif

o    Metoda : cooperative learning

o    Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Presentasi video pembelajaran PAI (sekolah dan youtube)

5 %

16

Mampu melakukan Evaluasi Pembelajaran Materi PAI Di Madarash

1.    Pengertian Evaluasi Pembelajaran PAI

2.    Tujuan Evaluasi Pembelajaran PAI

3.    Fungsi Evaluasi Pembelajaran PAI

4.    Prinsip Evaluasi Pembelajaran PAI

Macam Evaluasi Pembelajaran PA

§  Kreatifitas

§  Inisiatif

§  Bertanggung jawab

§  Berfikir komprehensif

§  Kepemimpinan

Komunikatif

o    Metoda : cooperative learning

Media : kelas, komputer, LCD, whiteboard

Evaluasi Pembelajaran Materi PAI Di Madarash

5 %

17

Ujian Akhir Semester (UAS) Genap

         

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI-TEORI SOSIOLOGI AGAMA/SOSIOLOGI AGAMA/III

METODE TAHLILI (ANALIST) / Syarah Hadis/ III

HUBUNGAN FILOLOGI DENGAN ILMU-ILMU LAIN