SILABUS LIVING QUR’AN DAN HADIS / VI


SILABUS  MATA KULIAH LIVING QUR’AN DAN HADIS

A.     Identitas
1.         Nama Mata Kuliah                   : Living Quran

B.     Deskripsi Mata kuliah
Mata kuliah ini dirancang sedemikian rupa berdasarkan paradigma kompetensi sehingga mahasiswa tidak saja mempunyai pengetahuan tentang Living Quran, tetapi mahasiswa dapat memahami,memaknai dan mengembangkan keilmuan Living Quran secara menyeluruh sehingga mahasiswa mampu menjawab berbagai persoalan-persoalan yang ada secara komprehensif.
Agar target perkuliahan ini dapat tercapai, mahasiswa tidak saja harus memiliki dan membaca buku bacaan yang direkomendasikan, tetapi juga harus melakukan kajian kritis terhadap Living Quran yang tertuang dalam masing-masing pemikiran dan tugas individu mahasiswa serta mempertanggungjawabkannya dalam forum diskusi. 

C.     Standar Kompetensi dan Indikator
Mahasiswa mampu memahami dengan baik tentangLiving Quran, memahamai-mengkritisi-mengembangkan persoalan terkait serta mengaplikasikannya dalam sebuah contoh.

D.     Strategi Pembelajaran
1.       Diskusi Kelas
2.       Penulisan Makalah
3.       Ressume
4.       Ceramah Interaktif
                                                                                                                            
E.      Evaluasi Pembelajaran
1.       Partisipasi di kelas (10%)
2.       Penulisan makalah dan ressume (20% dan 10%)
3.       Ujian Tengah Semester (30%)
4.       Ujian Akhir Semester (30%)

F.      Topik kajian

NO
TOPIK
URAIAN
1
Kuliah Umum
Signifikansi perkuliahan, Kontrak Belajar,
2
Living Quran
Pengertian
Ruang Lingkup
3
Historisitas Living Quran
a.    Awal kemunculan
b.    Sebab-sebab kemunculan
c.    Respon terhadap gagasan
4
Hasan Hanafi
a.    Gagasan awal
b.    Dasar pemikiran
c.    Pro-kontra
5
Fazlur Rahman
a.    Gagasan awal
b.    Dasar pemikiran
c.    Pro-kontra
6
Metodologi Living Quran
a.    Kontruks metodologi
b.    Tawaran metodis
c.    Keabsahan metodologi
7


8
Tahlilan, yasinan, kenduren
a.    Membaca realitas sosial
b.    Membaca al-Quran
c.    Konstruk al-Quran terhadap persoalan
d.    Legalitas dalil
9
Khotmil Qur’an/semaan Qur’an
a.    Membaca realitas sosial
b.    Membaca al-Quran
c.    Konstruk al-Quran terhadap persoalan
d.    Legalitas dalil
10
Kaligrafi
a.    Membaca realitas sosial
b.    Membaca al-Quran
c.    Konstruk al-Quran terhadap persoalan
d.    Legalitas dalil
11
Muratal Quran
a.    Membaca realitas sosial
b.    Membaca al-Quran
c.    Konstruk al-Quran terhadap persoalan
d.    Legalitas dalil
12
Tasyakuran
a.    Membaca realitas sosial
b.    Membaca al-Quran
c.    Konstruk al-Quran terhadap persoalan
d.    Legalitas dalil
13
Jamaah sholat malam di desa-desa
a.    Membaca realitas sosial
b.    Membaca al-Quran
c.    Konstruk al-Quran terhadap persoalan
d.    Legalitas dalil
14



G.     Bahan Bacaan

1.      Akhmadi. Apri, Kerajinan Kaligrafi di Kotagede. Yogyakarta: Fak. Adab UIN Sunan Kalijaga. 2010
2.      al-Faruqi. Isma’il R, dan al-Faruqi. Lois Lamya, Atlas Budaya Islam;Menjelaskan Khazanah Peradaban Gemilang. Bandung: Mizan. 2003
3.      George. Kenneth M,  Picturing Islam: Art and Ethic In a Muslim Lifeword. Singapura: Toppan Best-set Primedia Limited: 2010
4.      Huda. Nurul, Melukis Ayat Tuhan:Pengantar Praktis Berkaligrafi Arab. Yogyakarta:Gama Media. 2003
5.      Nasr. Sayyed Hossen,  Spiritualitas dan Seni Islam, terj. Sutejo. Bandung: Mizan. 1993
6.      Sirajuddin, Seni Kaligrafi Islam. Jakarta: Pustaka Panjimas. 1985
7.      Situmorang, Oloan, Seni Rupa Islam;Pertumbuhan dan Perkembangannya. Bandung: Angkasa. 1993
8.      M. Mansyur, dkk, Metodologi Penelitian Living Quran dan Hadis, Yogyakarta: Teras, 2007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI-TEORI SOSIOLOGI AGAMA/SOSIOLOGI AGAMA/III

METODE TAHLILI (ANALIST) / Syarah Hadis/ III

HUBUNGAN FILOLOGI DENGAN ILMU-ILMU LAIN